Sejarah Terbentukya Perguruan Setia Hati Terate

Advertisement
Sejarah Terbentukya Perguruan Setia Hati Terate


Sejarah Terbentukya Perguruan Setia Hati Terate


Pada dahulu kala seputar th. 1903 dikampung Tambak Gringsing, Surabaya. Ki Ageng Soerodwirjo menempatkan basic untuk style pencak silat setia hati, sebelumnya dimaksud setia hati. latihan beragam fisik atau gerakan pencak silat setia hati disebut”Djojo Gendilo Tjipto Muljo”. untuk ajaran kerohanian serta kebatinan setia hati dimaksud “sedulur tunggal ketjer”.

Tepatya pada th. 1917 Ki Ageng Soerodwirjo geser ke Madiun bangun serta membangun perguruan silat bernama persaudaraan setia hati yang tepatya di desa Winongo Madiun. Ketika itu perguruan setia hati belumlah jadi suatu organisasi. Setia hati adalah persaudaraan saja di antara siswa. lantaran ketika itu organisasi pencak silat tak diperbolehkan oleh kolonialisme belanda.

Soerodwirjo lahir dari keluarga bangsawan didaerah Gresik Jawa Timur, Indonesia. Beliau dijuluki sebagai “ngabei”sebuah gelar bangsawan yang didapatkan oleh Sultan serta cuma buat mereka yang sudah menunjukkan dianya layak dengan cara rohani. Beliau tinggal serta bekerja di beberapa pulau Jawa serta Sumatra di sana Soerodwirjo juga belajar beragam style pencak silat beragam aliran. disumatra juga  belajar kerohanian (kebatinan) pada seseorang guru spiritual. gabungan pada spiritual serta style pencak silat yang paling baik dari beragam aliran jadikan basic untuk silat setia hati terate.

Ki Ageg Soerodwirjo memiliki murid bernama Ki Hadjar Hardjo Oetomo seseorang lelaki kelahiran Madiun. lantaran ketekunanya mengabdi pada gurunya akhirya dapat kuasai nyaris semua pengetahuan gurunya serta memperoleh gelar pendekar tingkat III dalam tataran pengetahuan setia hati. itu berlangsung didesa winongo waktu belanda mencengkramkan kuku jajahan di indonesia. Ki Ageng Soerodwirjo wafat pada tanggal 10 november th. 1944 di Madiun.

Tepatya pada th. 1922, Ki Hadjar Hardjo Oetomo, satu diantara murid Ki Ageng Soerodwirjo yang bernama Ki Hadjar Hardjo Oetomo memohon ijin pada gurunya untuk membangun latihan setia hati generasi muda serta akhirya diperbolehkan oleh gurunya, namun mesti dalam nama yang tidak sama jadi Ki Hardjo Oetomo membangun setia hati”pemuda sport club”yang lalu jadi persaudaraan setia hati yang berbentuk organisasi. organisasi ini lalu dimaksud persaudaraan setia hati terate atau PSHT pada th. 1948 konggres pertama di Madiun.

Sesudah perang dunia II psht sudah berkembang cepat sampai saat ini dari beragam pelosok negeri. seseorang tokoh utama di balik populerya psht yaitu mas Irsjad adalah siswa pertama Ki Hadjar Hardjo Oetomo, beliau juga membuat 90 senam basic, jurus belati, jurus toya yang membedakan dengan setia hati winongo. satu diantara siswa mas Irsjad yang bernama mas Imam Koessoepangat pemimpin spiritual yang turut membesarkan nama psht. penggantinya mas Tarmadji Boedi Harsono, SE dari th. 1987 ampe saat ini.

NB : Pencak silat adalah seni bela diri dari indonesia, terkecuali untuk berolah raga serta bela diri kita harus untuk melindungi serta melestarikannya dan melindungi kedamaian antar umat manusia


Sekianlah mengenai histori terbentukya perguruan setia hati terate serta saya katakan banyak terima kasih lantaran sudah bertandang serta membaca artikel ini. Untuk perkembangan situs (blog) ini saya minta anjuran serta kritikya. terima kasih
Advertisement
Sejarah Terbentukya Perguruan Setia Hati Terate | Sh Terate PSHT | 5

0 comments:

Post a Comment