Daftar Jurus Jurus Pagar Nusa

Advertisement
ASSALAMUALAIKUM.WR.WB

        Selamat pagi para blogger. Maaf nih, baru bangun langsung mandi.HAHAHA, yang penting nggak seperti mbah surip. Langsung saja kembaLI ke judul..uups.. maksud saya langsung ke isi dari judul, HAHA. Agak repot sih karena saya memposting di rumah teman.

        Para blogger pasti sudah tahu apa itu pencak silat, iya-iya. Olahraga bela diri asal Indonesia yang sudah sangat merakyat. Ada banyak perguruan pencak silat di Indonesia. seperti Merpati Putih, Bangau Ruyung, Tapak Suci, Setia Hati, Pagar Nusa, dll.Hmmm, yang terahir saya sebutin adalah perguruan saya. Memang perguruan saya tidak sementereng perguruan Merpati Putih dan lainnya.

         Ada banyak jurus dalam Pencak Silat, seperti tendangan, pukulan, sapuan, tangkisan, hindaran. Sebelum anda berlatih itu semua anda harus bisa atau harus menguasai sikap kuda-kuda. Langsung saja:
Kuda-kuda ada 3:

1. Kuda-kuda tengah

Daftar Jurus Jurus Pagar Nusa
Daftar Jurus Jurus Pagar Nusa

        Caranya lebarkan kedua kaki ke samping dan letakkan kedua tangan sambik terbuka di depan sejajar dengan dada.
 
2.Kuda-kuda kiri depan
Daftar Jurus Jurus Pagar Nusa
Daftar Jurus Jurus Pagar Nusa

         Seperti kuda-kuda tengah tetapi menghadap serong kanan. kedua tangan ditaruh di depan sejajar dengan dada. Kaki kiri dan kanan di tekuk sedikit kearah kiri dan badan menghadap ke depan.

3. Kuda-kuda kanan depan
Daftar Jurus Jurus Pagar Nusa
Daftar Jurus Jurus Pagar Nusa

        kalau ini kebalikannya kuda-kuda kiri depan. Caranya buat kuda-kuda tengah menghadaap serong kiri. Kedua kaki ditekuk sedikit kearah kanan dan badan menghadap kearah depan. Jangan lupa kedua tangan ditaruh di depan sejajar dengan dada.

        Sesudah anda bisa sikap kuda-kuda, anda boleh mencoba tendangan dan pukulan.

Yang pertama adalah tendangan, ada banyak tendangan namun bagi anda pemula bolehlah mencoba tendangan ujung kaki dan tendangan sabit. Jika anda menggunakan kuda-kuda kiri depan, maka tandangan dlakukan dengan kaki kanan. Jika anda menggunakan kuda-kuda kanan depan, kaki kiri yang digunakan menendang. Intinya yang digunakan untuk menendang adalah kaki bagian belakang.

1. tendangan ujung kaki


     Namanya juga tendangan ujung kaki, yang di gunakan untuk menendang adalah ujung dari kaki.
Cekidooot.... :)
     Gunakan kuda-kuda kiri depan. Kaki bagian kiri atau depan yang dijadikan tumpuan, lalu angkat kaki bagian belakang ke depan, lalu arahkan kaki yang diangkat kearah depan atau kearah sasaran.
Jika anda menggunakan kuda-kuda kanan depan maka lakukan sebaliknya. Sasarannya adalah palung hati.
                 
2 Tendngan sabit



        Tendangan ini dilakukan ntuk menyasar kearah samping. Gunakan kuda-kuda kiri depan. kaki kiri digunakan untuk tumpuan, lalu angkat kaki kanan atau kaki bagian belakang (seperti langkah-langkah tendangan ujung kaki) lalu sabitkan kaki kanan anda kearah samping dari sasaran. ikutkan badan anda kearah kiri agar tendangan yang anda lakukan bisa maksimal.
 
        Yang kedua adalah pukulan, untuk permulaan gunakan kuda-kuda tengah. Taruh tangan anda di bagian atas panggul sambil menggenggam. Pukulkan tangan anda kearah depan sesuai sasaran (palung hati) secara bergantian.
 

        Jika anda sudah bisa melakukan dasarannya, anda bisa mencoba menggunakan kuda-kuda kanan depan dan kiri depan. Caranya hampir sama, gunakan kuda-kuda kiri depan dan kedua tangan ditaruh di depan. seperti tendangan, jika anda menggunakan kuda-kuda kiri depan maka yang memukul adalah tangan kanan. Dan jika menggunakan kuda-kuda kanan depan maka yang memukul adalah tangan kiri.
Jika anda memukul pasti menggenggam. Ini adalah gambar genggaman tangan yang benar.

Wassalamuaalaikum wr.wb
Advertisement
Daftar Jurus Jurus Pagar Nusa | Blogger Pabrik Tas Ransel | 5