Jenis Jatuhan Dan Tedangan

Advertisement
Jenis Jatuhan Dan Tedangan

Jenis-jenis jatuhan dan tendangan didalam pencak silat dan fungsinya

Di dalam belajar Pencak silat jatuhan dan tendangan sangatlah penting peranannya terutama untuk menghindari cedera pada bagian tubuh yang tak di inginkan oleh kita,jenis-jenis jatuhan antara lain sebagai berikut :

1.jatuh depan/muka
2.jatuh samping
3.jatuh Belakang

1.Jatuh depan
Jatuhan depan adalah singkap dari awal mulai melakukan push up diawali dengan lari-lari kecil dilanjutkan dengan lari-lari cepat baru mulai jatuhan depan dan jatuhan depan juga berfungsi untuk melindungi badan ketika kita terjatuh kedepan di sengaja ataupun tidak di sengaja.

2.Jatuh Samping
Jatuh sampingan sama dengan point 1 yang membedakan posisi jatuh nya,jatuh samping dibagi menjadi 2 macam :

1.jatuh samping kanan yang mana pada saat melakukan jatuh ini lengan tangan kanan yang menjadi tumpuan nya dan kaki kanan diangkat sedangkan kaki kiri di tengkuk.

2.jatuh samping kiri yang mana pada. Saat melakukan jatuhan ini lengan tangan kiri yang menjadi tumpuan/penahan beban kita dan kaki kiri diangkat kaki kanan di tekuk.

3.Jatuh belakang
Adalah suatu jatuhan yang berfungsi untuk menghindari jatuh langsung tanpa ada tekniknya,jatuh belakang berfungsi sebagai penahan benturan keras pada badan terlebih pada kepala belakang,pelaksaanya waktu mulai jatuh belakang,posisi kedua tangan kita di rentangkan dengan menahan badan,kaki kanan diangkat,kaki kiri di tekuk sedangkan kepala diangkat jangan sampai ke tanah.

Di belajar belajar pencak silat di butuhkan keuletan dan kegigihan dalam mengikuti materi-materi yang di berikan oleh pelatih,dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengusai materi semua materi yang di berikan oleh pelatih.Didalam belajar pencak silat di butuhkan calon mental dan fisik yang kuat untuk memulai latihan pencak silat

macam-macam Tendangan dan sasaranya :

1.Tendangan “A”
Sasaran tendangan ini adalah Ulu Hati,Perut dan dada

Jenis Jatuhan Dan Tedangan


2.Tendangan “B”
Tendangan B di bagi menjadi 3 :

A. Tendangan B biasa
Sasaran utama ulu hati seperti contoh di bawah ini

Jenis Jatuhan Dan Tedangan


B.Tendangan B semi
Sasaran tendangan ini adalah tergantung dengan posisi lawan,tendangan B semi sama seperti serkel tengah,setelah menendang kaki di tarik lagi dengan posisi putar balik..

C.Tendangan B double
Sasaran utama kepala,dada,perut/ulu hati penerapannya waktu menendang kedua tangan di letakkan di lantai/tanah,sedangkan kedua kaki menendang secara bersamaan dengan posisi kaki kiri dan kanan rapat

3.Tendangan”C”.
Sasaran tendangan ini adalah samping yaitu iga/rusuk lawan.yang di gunakan untuk menendang adalah ujung telapak kaki dengan menekuk semua jari.

4.Tendangan “T”
Tendangan T adalah tendangan yang menyerupai huruf T,Yang mana tendangan dengan menendang dari bawah dan posisi badan miring.

5.Serkel
a).serkel bawah dengan sasaran Kaki / mata kaki
b).serkel tengah dengan sasaran serkel perut/ulu hati
c).serkel Atas sasaran utama adalah kepala
Advertisement
Jenis Jatuhan Dan Tedangan | Sh Terate PSHT | 5

0 comments:

Post a Comment