MATERI PELAJARAN PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE 'Panca Dasar'

Advertisement
MATERI PELAJARAN PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE 'Panca Dasar'

Materi Persaudaraan Setia Hati Terate (Panca Basic) yaitu materi Pencak silat yang ada serta diberikan pada siswa PSHT. Walau sekian bukanlah siswa saja yang perlu pelajari serta mengerti apa sesungguhnya arti yang terdapat dalaM Materi Persaudaraan Setia Hati Terate atau Lima Panca Basic PSHT. Tersebut Yaitu penjelasan serta arti daripada Materi pelajaran untuk siswa Persaudaraan Setia Hati Terate yang terdiri terbagi dalam :


Persaudaraan
Olah raga
Kesenian
Beladiri
Mental kerohanian (ke-sh-an)

1. Persaudaraan
Histori sudah membuka, mulai sejak Ki Ngabehi Suro Diwirjo membangun pencak silat dengan nama “Djojo Gendilo” serta jalinan batin antar saudara bernama “Sedulur Tunggal Ketjer” hingga perubahan yang dibawa oleh Ki Ngabehi Hadjar Hardjo Oetomo dengan nama “Persaudaraan Setia Hati Terate”, kalau persaudaraan yaitu satu hal yang diprioritaskan untuk warga serta siwanya, berikan kemampuan hidup dan menuntunnya dalam beroleh kesejahteraan serta kebahagiaan lahir batin.

Persaudaraan ada ; ah jalinan batin yang erat pada seseorang dengan orang lain, dalam soal ini pada warga dengan warga atau pada warga dengan seluruh umat manusia biasanya. Persaudaraan ditanamkan mulai sejak siswa pertama kalinya mengecap pertama kalinya pelajaran SH. Dengan persaudaraan, manusia diperlakukan serta disadari sesuai sama harkat serta martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, yang sama derajatnya, yang sama haknya serta bebrapa keharusan asasinya, tampa membedakan suku, keturunan, agama serta keyakinan, type kelamin, kedudukan social, warna kulit, dsb.
Prasyarat Persaudaraan :

Mengenai prasyarat tersambungnya tali persaudaraan yang abadi serta kekal dalam kehidupan warga Persaudaraan Setia Hati Terate yaitu :

Sama-sama Pengertian
sama-sama Mengasihi
Sama-sama Bertanggung Jawab

Sedang untuk mendukung terbentuknya tali persaudaraan dibutuhkan ada rasa :

Sama-sama Membutuhkan
Sama-sama Menghargai
Sama-sama Memercayai

Pertentangan politik kerap berlangsung dimana-mana, dari kelompok tingkat atas hingga kelompok paling bawah. Terlebih dapat pula berlangsung pada kakak serta adik sekandung yang berdiam disatu atap. Namun dibawah ikatan “persaudaraan” pertentangan politik akan tidak pernah ada. Pertentangan politik tak pernah dibawa dalam kehidupan saudara-saudara Persaudaraan Setia Hati Terate, juga tak pernah memengaruhi jalannya latihan pencak silat. Dibawah bendera Persaudaraan Setia Hati Terate semasing anggota menangggalkan pakaian kedinasan, pakaian politik, pakaian partai, pakaian usaha dsb. Semasing cuma kenakan “baju persaudaraan”. Mereka terasa solider, mereka rasakan ikatan tali persaudaraan lebih mendalam dari ikatan tali jalinan keluarga atau saudara.

Hal semacam ini tak bermakna karena si atasan serta si bawahan yaitu keduanya sama Warga Persaudaraan Setia Hati Terate, jadi si bawahan bisa seenaknya sendiri. Umpamanya si bawahan “njangkar” pada atasannya/pimpinannya. Atau karena kita sebagai srorang warga jadi bolrh seenaknya dengan pimpinan satu lembaga di luar lingkungan kita lantaran dia juga seseorang warga. Bukaan itu yang diinginkan oleh persaudaraan namun yang diinginkan oleh persaudaraan yaitu yang satu serta yang lain sama-sama memerlukan, sama-sama menghormati serta sama-sama meyakini. Semasing terasa serta mengaku betul-betul sebagai saudara Warga Persaudaraan Setia Hati Terate yang lain.

 Perwujudan persaudaraan

Terkecuali pengertian itu diatas, perwujudan dari Persaudaraan dalam perbuatan diantaranya :

1. Berjabat tangan

Berjabat tangan ketika berjumpa dengan seurang lain atau saudara sendiri diluar acara-acara spesifik (umpamanya mengemukakan perkataan selamat) oleh sesaat orang yang berasumsi dianya berpendidikan serta berintelek yaitu tingkah laku atau kebiasaan rutinitas beberapa orang desa. Namun untuk beberapa orang Persaudaraan Setia Hati Terate, baik yang sarjana ataupun yg tidak, baik yang berpangkat ataupun yg tidak, berjabatan tangan yaitu perwujudan fari persaudaraan, bahkan juga dapat adalah cirri khas dari orang Persaudaraan Setia Hati Terate.
Berjabat tangan ini di kerjakan pada setiap saat berjumpa atau bakal berpisah dengan saudara SH yang lain, sebelumnya serta setelah latihan, dan pada sebelum serta setelah sambung.

Makna berjabatan tangan sebelumnya sambung, mereka (yang berjabatan tangan) ikhlas untuk di jam serta disuruh keikhlasan saudara (lawan sambung) untuk dipukul.

2. Sambung

Dipandang sekilas, sambung yaitu satu perkelahian dengan keluarkan kepandaian bermain pencak silat. Tidakkah dengan bersambung bakal dicari satu kemenagan? “mau menang sendiri” seperti perkumpulan bulu tangkis, catur, dsb malah satu kompetisi pada saat masihlah atau setelah tak ada dalam situasi latihan di perkumpulan.

Sambung berjalan didalam dua kondisi, yakni :

a. Sambung dalam latihan

- Sesama pelatih

Disini sambung adalah peragaan untuk pelatih untuk memberi contoh memakai tehnik pencak silat yang baik pada siswa.

- Pada pelatih dengan siswa

Sambung type ini umumnya siswa di lokasi cabang Malang serta sekitarnya adalah satu pelajaran yang menakutkan, bahkan juga pernah jadi momok serta adalah satu diantara penyebabnya siswa keluar/tak ikuti latihan. Sesungguhnya sambung type ini memiliki kandungan pengertian seperti berikut :

1. Melatih keberanian siswa untik melawan seorang diatas tingkatnya.
2. Berikan peluang pada siswa untuk keluarkan seluruh kekuatan yang dipunyai, hal semacam ini tak dapat dikerjakan apabila siswa itu sambung dengan sesama siswa.

- Sesama siswa

Sambung sesama siswa dikerjakan dengan cara bertahap dengan pengertian menuntun siswa berani hadapi lawan dengan kesiapan penuh.

b. Sambung diluar latihan

Sambung type ini dikerjakan ketika :

- Pertemuan antar warga

Karakter sambung disini yaitu adalah “tombo kangen” satu pertemuan antar warga meskipun sudah disemarakkan oleh sebagian atraksi atau hiburan, hidangan serta lain sebagainya, tetapi akan tidak cukup memuaskan jika tak berisi acara sambung antar warga, umumnya diiringi dengan instrumen, dikerjakan dengan cara bertukaran yang kerap diberi nama dengan “Sambung Ganding” atau “Sambung Galang”.
SHT Cup.

meskipun sambung disini dituntut untuk mencari satu kemenangan (angka) sesuai sama ketentuan yang sudah ditetapkan, namun pesilat mengerjakannya seperti pada saat dia masihlah jadi siswa dalu, cuma lantaran keharusan belaka lantaran dia sebagai atlit. Usai melakukan sambung, ke-2 pesilat itu tetap masih terasa serta mengaku betul-betul sebagai saudaranya.

3. Anjangsana

Anjangsana yaitu mengunjingi tempat tempat tinggal (tempat tinggal) atau tempat rumah seorang atau saudaranya. Jenis anjangsana yaitu :
a Perorangan

Anjangsana perseorangan yang lazimnya berlaku di lingkungan warga PSHT yaitu kehadiran saudaranya yang muda ke tempat tinggal (tempat tinggal) saudaranya yang lebih tua (sowan).

Manfaat dari anjangsana ini banyak, terutama untuk saudara yang lebih muda diantaranya :

- Memberi pengetahuan/pengetahuan PSHT

Pelajaran didalam PSHT susah untuk dilukiskan banyak. Seperti kedalaman air bila seorang menyelam jadi tambah dalam dia akan tidak selekasnya menjumpai dasarnya. Demikian juga dengan pelajaran PSHT baru dapat dihidangkan lepada calon warga cuma beberapa saja. Arti dari anjangsana ini yaitu harapan untuk si adik untuk terima atau beroleh penambahan pelajaran dari si kakaknya. Sayangnya di zaman saat ini saat ini si adik sesudah alami bebrapa waktu pengeceran mempunyai fildadah “rumongso biso” pada hal harusnya “biso-o rumongso” atau seperti yang lain yaitu ketidakmungkinan si sumur mencari sumber untuk dituangi airnya.

- Mempercepat doa-nya terkabul

Kenapa anjangsana dihubungkan dengan terkabulnya doa? dengan anjangsana kita berupaya lebih mempererat tali persaudaraan hingga jika tali persaudaraan ini sudah tersambung erat beberapa hal yang berbentuk mengambil keputusan tali persaudaraan baik diakui ataupun akan tidak susah dipunyai seseorang pendekar PSHT. Hal semacam ini diperkuat juga oleh ajaran dalam agama Islam tentang satu diantara prasyarat terkabulnya do’a manusia yaitu “….. tidak ada seseorang muslim yang berdo’a pada Allah di mana do’a itu tak digabungi dengan dosa serta mengambil keputusan tali kekeluargaan (persaudaraan), ……”.

- Perkembangan lahiriah

Dengan anjangsana ini dapat pula berlangsung menambahkan pengetahuan selainilmu SH (umpamanya pengetahuan dagang) atau bebrapa kegiatan spesifik yang bisa tingkatkan skala hidup si adik.

- Dan sebagainya

 b. Perkelompok

Anjangsana yang dikerjakan kian lebih seseorang ketempat saudaranya di tempat lain nauk seseorang atau lebih berguna :

- Ganti pengalaman

Adalah perwujudan lawaqtan antar Cabang dengan fasilitas pelatih tanding olah raga (volley ball, sepak bola, dll).
- Sarasehan ke-SH-an

Perusak Persaudaraan

Meskipun sekian dengan persaudaraan dapat pula mengakibatkan kehancuran jalinan, kerenggangan jalinan batin bahkan juga putusnya ikatan batin sesama warga serta hancurnya organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate yang telah berumur 85 th. lebih ini.
Hal semacam ini dapat berlangsung jika persaudaraan itu dinodai oleh :

- Mau mencari menangnya sendiri

- Terasa paling super sendiri

Rasa itu cuma dipunyai oleh seorang yang masihlah terikat serta didorong rasa ke-aku-annya yang tinggi “AKU” dapat muncul pada diri seorang jika dia terasa sudah mempunyai semuanya, tak perlu menghormati orang lain lantaran sia terasa paling terhormat serta tak perlu berikan keyakinan pada orang lain muncul rasa mau mencari menangnya sendiri serta paling super sendiri dapat mendorong jauh kebelakang rasa kebutuhan berbarengan, persatuan, serta pengorbanan untuk organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate.

Akibatnya karena ternodanya Persaudaraan jadi bakal mengakibatkan :

- Munculnya ketidak dsiplinan

- Tak teratur administrasi dan

- Tak teratur organisasi
Demikian pula perihal kenapa organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate tak mencantumkan kalimat “Pencak Silat” dalam nama organisasi meskipun organisasi itu mengajarkan pencak silat pada murid-muridnya. Lantaran bila ditulis dengan nama “Persaudaraan Pencak Silat Setia Hati Terate”, jadi yang ada didalam organisasi/himpunan itu hanya beberapa orang atau beberapa kumpulan orang yang dapat bermain pencak silat. Bila sekian apakah didalam badan Persaudaraan Setia Hati Terate juga ada beberapa orang atau beberapa kumpulan oaring-orang yg tidak dapat bermain pencak silat? jawabannya juga tak. Bila yang di maksud dengan beberapa orang itu yaitu seseorang Warga. Namun untuk seorang yang yang diangkat sebagai Warga Kehormatan (misalnya Ayah Abdul Gafur), jadi belum pasti serta tak mesti mempunyai kekuatan bermain pencak silat SH TERATE. Lantas kenapa nama organisasi tak mencantumkan kalimat “pencak silat”? Persaudaraan Setia Hati Terate tak memprioritaskan pelajaran pencak silat, juga tak yang lain, yang diprioritaskan yaitu Persaudaraan yang berikan kemampuan dan tuntunan dalam beroleh kesejahteraan serta kebahagian lahir batin.

Segi Pembinaan Persaudaraan

segi pembinaan persaudaraan dengan lihat keadaan umur siswa, dibedakan seperti berikut :

1. Siswa Kanak-kanak

Inginalan serta pengembangan sikap pada kehidupan keluarga serta lingkungan.
2. Siswa Remaja & taruna

• Pengembangan sikap pada kehidupan keluarga

• Pengembangan sikap pada kehidupan lingkungan

• Pengembangan sikap pada orang-orang

• Rasa tanggung jawab pada lingkungan

3. Siswa Dewasa & Khusus

Peresapan azas persaudaraan

Laris, penghayatan hakekat persaudaraan

Penghayatan sebagai insane kamil/mahkluk sosial

2. Olah Raga

persaudaraan yaitu berbentuk pemahaman serta pendalaman pelajaran pencak silat. Pengertian olah raga pada pencak silat yaitu memproses raga dengan beberapa gerakan pencak silat yang ada pada Persaudaraan SH Terate.

Ketika pelajari permainan pencak silat, terkecuali beroleh kekuatan dapat bermain pencak silat dengan baik jadi raga atau badan sendiri beroleh faedah, diantaranya :

1) Melakukan perbaikan Situasi Hati

a Penambahan Kandungan Norepinefrin

Beberapa pakar tidak bisa menerangkan dengan pas kenapa atau bagaimanakah olah raga mengakibatkan hal semacam ini. Sebagian riset membuka hal semacam ini bisa dikarenakan oleh penambahan kandungan norepinefrin (satu hormon yang utama untukmenghantarkan pesan-pesan otak melalaui saraf-saraf spesifik di badan) didalam otak. Ketidaksamaan ini terang tampak disuatu kelaian kejiwaan yang dimaksud psikosis manik depresif, di mana situasi hati pasien berubah-ubah diantara bahagia serta sedih. Sepanjang fase manik (senang), kandungan norepinefrin pasien bertambah, serta sepanjang fase depresi, kandungan norepinefrin turun dengan cara tajam.

b. Penambahan Supply Darah Ke Otak

Dengan olah raga supply darah ke otak bakal bertambah. Dengan hal tersebut jadi otak akan tidak terima semakin banyak oksigen. Beberapa orang lansia yang di beri oksigen kerapkali bisa berpikir dengan lebih terang serta situasi hatinya lebih baik.

c. Penurunan Kandungan Garam Di Otak

Penurunan kandungan garam di otak bisa melakukan perbaikan situasi, Dr. Robert Brown sudah sukses memakai olah raga serta diuretic untuk menyembuhkan wanita-wanita sebagai depresi pas sebelumnya saat haid mereka. Kemelut sebelumnya haid serta depresi bisa dikarenakan oleh tertahannya garam pada badan lantaran tingginya kandungan hormon.
Diluar itu, dengan olah raga bisa tingkatkan produksi keringat serta drmgam diurotik mrningkatlah produksi air seni, hingga bakal turunkan jumlah garam di dalam badan.

d. Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Dr. Fred Baekland dari State University of New York, pada th. 1966 adalah orang pertama yang menunjukkan dengan cara ilmiah bahwalatihan fisik yang keras bikin tidur jadi lebih pulas.
Sedang Dr. Colin Shapiro dari Johannesburg, Afrika Selatan serta Dr. R. B. Zloty dari University of Manitoba di Canada dalam penelitiannya dengan cara sendiri-sendiri sudah menunjukkan jumlah tidur pulas yaitu sepadan dengan keluarkan daya di saat siang hari. Semakin banyak berolah raga, jadi tidurpun semakin pulas.

e. Tingkatkan Perasaan Berprestasi

Partisipasi dalam program berolahraga yang teratur memberi pada beberapa orang perasaan sudah merampungkan satu pekerjaan susah dengan baik “Setiap perasaan baik tentang diri anda sendiri melakukan perbaikan situasi hati anda”. (Dr. Fred Goodwin dari National Institute of Mental Healt).

2) Kurangi Masalah Jiwa

Bukan sekedar orang sehat yang beroleh keuntungan dari program berolahraga yang teratur, namun menurut beberapa pakar penyakit jiwa, orang dengan beragam tingkat penyakit jiwa juga memperoleh faedah dari berolahraga.

Dalam riset termonitor mengenai “jogging” sebagai therapy untuk pasien dengan depresi klinis, Dr. John H. Greist, seseorang pakar pengetahuan jiwa dari University of Wisconsin, menyembuhkan mereka dengan lari atau psikoterapi. Beberapa peserta isi daftar tanda-tanda yang digunakan dengan cara luas untuk mengukur derajat depresi. Sesudah sepuluh minggu, Greist melaporkan kalau pelaripelari itu alami perbaikan besar. Sedang banyak pasien yang memperoleh psikoterapi tak terasa baik dari pada terlebih dulu.

Kelainan jiwa kerapkali diikuti kelainan manfaat (Dr. Edward Greenwood Menigger Foundation di Topeka, Kansas). Tersebut penyebabnya beberapa orang dengan masalah emosional kerapkali bikin beberapa gerakan aneh dengan badan mereka. Namun penyakit jiwa serta fisik yaitu searah. Sebagian bentuk berolahraga bisa menolong pasien neurotik serta bahkan juga psikhotik yang paling beratpun.

 3) Menolong Jantung

Bagaimanakah berolahraga menolong jantung?

- Berolahraga jadi besar semuanya arteri koronaria yangmemberi makan jantung.
- Berolahraga tingkatkan peredaran darah koletarial (penambahan) hingga ada kian lebih satu pembuluh darah yang bakal mensuplay darah dari satu pembuluh nadi terhambat, darah dari pembuluh nadi lain bakal berikan makan daerah itu menghindar terjadinya serangan jantung.
- Berolahraga turunkan konsentrasi lemak darah. Benjolan lemak yang meyumbat arteri konoria mengakibatkan serangan jantung.
Kandungan lemak (trigliserida) bisa di turunkan dengan kegiatan disik yang keras (John Holloszy – St. Louis). Penurunan kandungan lemak darah kurangi kecindrungan pembentukan benjolan lemak yang menyumbat pembuluh darah.

- Berolahraga menolong jantung untuk mengambil oksigen dari darah lebih efisien.
- Berolahraga turunkan desakan darah.

4) Tak Membesarkan Atau Lebih buruk Otot

Umumnya beberapa wanita terasa takut kalau sesudah mereka ikuti pencak silat jadi ototnya bakal jadi membesar serta jelek. Ini mustahil bakal berlangsung, otot dapat jadi membesar jika lakukan beban latihan ketahan seperti angkat beban. Sedang berolahraga pada pencak silat malah bakal membuat oto-oto yang panjang serta bentuk tubuh yang kuat serta menarik.

5) Menyingkirkan Lemak Yang Tak Dikehendaki

Berlatih atau olahraga selam sedikitnya 30 menit satu hari bakal menolong anda menyingkirkan lemak yg tidak dikehendaki.
Dr. Michael Pollock dari Wake Forest University, mengecek 32 pria, yang rata-rata berusia 47 th. serta sudah lakukan jogging sepanjang satu tahun lebih. Kontrol itu tunjukkan kalau lemak mereka10-15 persen di bawah tingkat populasi umum pada grup usia yang sama.

Saat lakukan latihan (senam/jurus), lemak pada badan bakal beralih jadi daya serta memberi massa otot. Otot tambah lebih berat dari pada lemak. Tersebut penyebabnya kenapa ukuran badan anda bakal menyusut sebelumnya penurunan berat tubuh. Beberapa daerah yang bakal terbebaskan dari lemak salah satunya yaitu perut, paha, pantat, serta pinggul.
Segi pembinaan berolahraga :

Segi pembinaan kesenian dengan lihat keadaan umur siswa, dibedakan seperti berikut :

1) Siswa Kanak-kanak

Senam pagi

Senam dasar

Senam massal

2) Siswa Remaja & Taruna

Jurus reflek, olahraga

Kompetisi pencak silat berat

3) Siswa Dewasa & Khusus

Olah raga nafas pencak silat


3. Kesenian

Kesenian sebagai satu diantara segi dalam Persaudaraan SH Terate adalah sisi unsure latihan yang butuh diperkembang dari tingkat polos. Masam atau bentuk kesenian terbagi dalam permainan tunggal, permainan ganda serta pagelaran massal, yang diwujudkan dalam paket-paket latihan sebagai dasar dasar

1. Sasaran

-Memelihara aturan pencak silat yang baik dengan menumbuhakan kelenruran, keluwesan serta keindahan gerak ynag di sambungkan ddengan kecocokan irama

- Sebagai latihan untuk siswa dalam pengembangan segi pengembanagn kecocokan serta kesesuaian yang diinginkan bisa punya pengaruh dalam sikap serta laris kehidupan

2. Proses Aktivitas Kesenian

1. pola basic gerak (saksikan materi pembinaan tehnik)

2. pola basic tehnik (saksikan materi pembinaan tehnik)

3. kecocokan irama serta penjiwaan : ketepatan irama serta penjiwaan gerak.
4. penguasaan arena : pengembangan pola basic gerakan serta macam pola gerak

5. bagian penilaian :

- pendahuluan

- inti permainan

- penutupan

dasar serta unsurunsur basic latihan untuk tiingkatan siswa di susun dalam matriks.

6. Saat Latihan

Latihan dilkukan dengan teratur serta periodik

7. Type Tampilan serta Pagelagelaran

- tampilan di arena tertutup

- tampilan di arena terbuka

- tampilan di panggung

- pagelaran massal


8. Irama Pengiring

- gamelan

- gendang pencak

- jidor

- musik

- keroncong

- alat musik/tabuhan lainnya

9. segi pembinaan kesenian

Segi pembinaan kesenian dengan lihat keadaan umur siswa, dibedakan seperti berikut :

• siswa kanak kanak

~pengenalan irama

• siswa remaja serta taruna

~perpaduan gerak serta irama (masal memiliki irama)

• siswa dewasa serta khusus

~penghayatan keselarasan

4. Bela diri

Dengan pelajaran pencak silat, dengan kejiwaan untuk mengetahui “sang pencipta”dan mengetahui “diri pribadi” jadi pencak silat berperan sebagai alat/senjata untuk membela diri/untuk menjaga kehormatan bukanlah untuk membela seorang, namun cuma melayani seorang jika keadaaan memanglah sangat terpaksa serta dibutuhkan. Persaudaraanb setia hati terate ti dak mengajarkan seni bela diri yang lain terkecuali pencak silat lantaran pencak silat yaitu seni membeladiri asli dari bangsa indonesia yang kualitasnya tak kalah dengan beladiri yang lain. Dengan demikinan persaudaraan SH terate juga memperrtahankan serta meningkatkan kepribadian bangsa indonesia. Lantaran nilai nilai kemerdekaan berkepribadian indonesia, karrena “bangsa yang terjajah jika bangsa itu tak mmeliki kepribadian”.

5. Mental kerohanian (ke-sh-an)

Adalah maksud akhir persaudaraan SH Terate. Di sini ment5al kerohanian/keshan berdasar pada “ mengetahui diri sendiri sebaik-baiknya”. Maksud dari pelajaran persaudaraan SH Terate yaitu mendidik manusia dalam meniti kehidupan ini memproleh kebaahagian serta kesejahteraan dunia akhirat.

Sesudah pribadi manusia persaudaraan SH Terate telah amntap berjiwa PSHT barulah dia baru dapat melakukan pekerjaan serta kewajibannya di alam mayapada ini, yakni “ memayu hayuning bawono”. Sepanjang manusia Persaudaraan SH Terate, tidak mungkin bila dia dapat mengemban pekerjaan “ memayu hayuning bawono”.

Mental kerohanian serta Ke-sh-an yaitu sumber azas ketuhanan Yang Maha Esa. Kita mesti sadar kalau sebenarnya manusia sebagai individu itu tak hidup dengan sendirinya tidak ada yang menghidupkan atau dapatlah di katakan kalau sebagai individu itu sebenarnya hanya satu “objek”dari pada “ subyek mutlak”. Yakni yang maha esa.

Tanpa ada memberi mental kerohanian, ibaratnya cuma cetak “tukang pukul”. Ini hanya satu hal yang salah serta tak dinginjkan ooleh Persaudaraan SH terate. Butuh diingat, kalau pencak silat hanya adalah fasilitas/pelajaran sambilan, yang diprioritaskan yaitu membuat manusia persaudaraan SH Terate serta dapat memayu hayuning bawono.
Advertisement
MATERI PELAJARAN PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE 'Panca Dasar' | Sh Terate PSHT | 5

0 comments:

Post a Comment