Sejarah Lahirya Pencak Silat di Indonesia Yang Harus Kita Ketahui

Advertisement
Sejarah Lahirya Pencak Silat di Indonesia Yang Harus Kita Ketahui

Sejarah Lahirya Pencak Silat di Indonesia Yang Harus Kita Ketahui


 Pencak silat adalah warisan budaya Indonesia yang perlu kita lestarikan, terkecuali beladiri pencak silat juga memiliki gerakan yang memiliki unsur seni serta pesan-pesan moral mengenai kehidupan. Pencak Silat saat ini telah berkembang di Indonesia bahkan juga sampai ke Mancanegara, dalam kejuaraan Sea Games pencak silat adalah satu diantara cabang yang dipertandingkan, beragam negara juga turut dan dalam turnamen ini. ipsi yaitu satu organisasi yang membawai pencak silat di indonesia. Kenapa pencak silat bisa
ada di indonesia? ok kesempatan ini saya bakal menulis Histori Lahirya Pencak Silat di Indonesia.


SEJARAH LAHIRYA PENCAK SILAT DI INDONESIA

Dahulu pada zaman nenek moyang kita, bangsa Indonesia sudah mempunyai cara untuk menjaga diri dari keganasan alam. mereka membuat bela diri dengan menirukan gerakan binatang seperti kera, harimau, ular maupun burung. Besar kemungkinan juga berkembang dari keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam lakukan perburuan serta peperangan dengan memakai alat.

Menurut website Wikipedia, pencak silat diprediksikan menebar ke Nusantara sejak era ke 7 Masehi. meskipun asal awalnya belum bisa ditetapkan dengan cara tentu. kerajaan-kerajaan besar seperti Sriwijaya serta Majapahit disebut-sebut mempunyai pendekar besar yang kuasai pengetahuan bela diri. menurut ahli peneliti silat Donald F. Draeger memiliki pendapat kalau bukti-bukti ada seni bela diri bisa dipandang dari beragam artefak senjata yang diketemukan dari saat classic Hindu-Budha beserta pahatan relief yang berisikan sikap kuda-kuda silat di Candi Prambanan serta  Borobudur.

Sedang menurut pendapat dari Sheikh Syamsuddin kalau ada dampak pengetahuan beladiri dari Cina serta India dalam silat. Mulai sejak awal kebudayaan melayu sudah memperoleh dampak dari kebudayaan yang dibawa oleh beberapa pedagang ataupun perantau dari China.

Perubahan silat banyak di pengaruhi oleh golongan penyebar agama Islam pada era ke 14 dinusantara. saat itu pencak silat di sampaikan berbarengan dengan pelajaran agama di Surau atau Pesantren, silat juga jadi sisi dari latihan spiritual. Dalam bermacam suku-suku di Indonesia pencak silat adalah sisi tidak terpisahkan dalam upacara adatya

Silat lantas berkembang dari pengetahuan bela diri serta tarian seni rakyat, jadi sisi dari pendidikan bela negara untuk hadapi penjajah asing. dalam histori melawan penjajahan belanda terdaftar banyak beberapa pendekar yang mengangkat senjata seperti Sultan Agung, Pangeran Diponegoro, Cut Nyak Dien serta ada banyak yang lain.

Mengerti utamaya mengembangan fungsi pencak silat jadi di rasa mesti ada organisasi nasional, yang bisa mengikat aliran-aliran pencak silat yang ada di semua indonesia. pada tanggal 18 mei th. 1948 terbentuk Ikatan Pencak Silat Indonesia atau disingkat IPSI. IPSI terdaftar sebagai organisasi silat tertua di Dunia.

Sebagian Organisasi Silat Nasional

1. IPSI (Ikatan pencak silat semua indonesia)
Satu induk organisasi yang membawai pencak silat di indonesia

2. PESAKA (persekutuan silat kebangsaan malaysia)
Satu induk organisasi pencak silat yang ada di malaysia

3. PERSIS (PERSEKUTUAN SILAT SINGAPORE)
Satu organisasi yang membawai pencak silat di singapore

4. PERSIB (PERSEKUTUAN SILAT BRUNEI DARUSSALAM)
Satu oraganisasi yang membawai pencak silat di brunei darussalam
Advertisement
Sejarah Lahirya Pencak Silat di Indonesia Yang Harus Kita Ketahui | Sh Terate PSHT | 5

0 comments:

Post a Comment