Beladiri Terbaik di Indonesia

Advertisement
Makin berkembang sebuah negara, kayaknya tingkat kriminalitasnya juga jadi tinggi, ya, Loopers? Nggak terkecuali Indonesia. Kamu pasti masih ingat, deh, peristiwa pembegalan yang sempat marak beberapa waktu lalu. Serem banget, ya? Untuk berjaga-jaga, nggak ada salahnya, nih, untuk berlatih beladiri. Ada beberapa olahraga beladiri asal Indonesia yang bisa kamu coba, nih, Loopers!

Pencak Silat

Beladiri Terbaik di Indonesia
Beladiri Terbaik di Indonesia

Pencak silat ternyata sudah go international, lho! Organisasi resmi Persekutuan Pencak Silat Antar bangsa (PERSILAT) mencatat sudah ada 33 organisasi pencak silat yang tersebar di penjuru dunia. Pencak silat juga menjadi cabang olahraga resmi yang dipertandingkan dalam SEA Games. Kini, PERSILAT sedang mempromosikan pencak silat ke beberapa negara di lima benua. Mereka ingin membuat pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade.

Silek Minangkabau
Beladiri Terbaik di Indonesia
Beladiri Terbaik di Indonesia


Masyarakat Minagkabau, Sumatera Barat, dikenal dengan kebiasaan merantau sejak ratusan tahun lalu. Untuk itu, mereka pun harus memiliki kemampuan dalam membela diri apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama merantau. Dari situlah silat atau silek Minangkabau hadir. Jenis beladiri ini sudah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Bakti Negara

Beladiri Terbaik di Indonesia
Beladiri Terbaik di Indonesia

Bakti negara merupakan aliran pencak silat Bali yang berpedoman pada ajaran Hindu Dharma masyarakat Bali, yakni Tri Hita Karana. Beladiri yang lahir pada 31 Januari 1955 ini didirikan di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali, oleh empat mantan pejuang kemerdekaan Indonesia, yaitu Anak Agung Rai Tokir, I Bagus Made Rai Keplag, Anak Agung Meranggi, Sri Empu Dwi Tantra, dan Ida Bagus Oka Dewangkara.

Tarung Derajat
Beladiri Terbaik di Indonesia
Beladiri Terbaik di Indonesia



Sama seperti pencak silat, Tarung Derajat juga menjadi beladiri asal Indonesia yang secara resmi dipertandingkan dalam ajang SEA Games sejak tahun 2013 lalu. Tarung derajat merupakan beladiri yang menggunakan kontak seluruh badan dan pengembangan tekniknya dilakukan melalui pengalaman pendirinya, Achmad Derajat, dari pertarungan di jalanan Bandung pada tahun 1960-an.

Merpati Putih

Beladiri Terbaik di Indonesia
Beladiri Terbaik di Indonesia

Selain menjadi anggota PERSILAT, Merpati Putih juga tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dan Martial ArtsFederation for World Peace (MAFWP).  Merpati Putih merupakan salah satu perguruan pencak silat beladiri tangan kosong (PPS Betako). Sejak tahun 1550-an, Merpati Putih membentuk aliran jenis beladiri sendiri dan sudah dikembangkan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Cimande


Mungkin kamu merasa asing dengan jenis beladiri satu ini. Tapi ternyata Cimande sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1760-an karena diciptakan oleh seorang Kyai sekaligus pendekar pencak silat bernama Mbah Kahir. Beliau memperkenalkan jurus-jurus silat Cimande pada murid-muridnya. Sejak saat itu, Mbah Kahir pun dianggap sebagai guru pertama silat Cimande.

Perisai Diri


Perisai Diri menjadi salah satu dari sepuluh perguruan silat yang mendapat predikat Perguruan Historis karena memiliki peran besar dalam sejarah terbentuknya Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Beladiri yang didirikan oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo ini mengandung unsur 156 aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia dan dipadukan dengan aliran Shaolin dari Tiongkok.

Jadi, kamu mau mencoba belajar olahraga beladiri yang mana, nih? Penting banget, lho, Loopers. Kalau kamu udah jago, ajarin loop, ya!
Advertisement
Beladiri Terbaik di Indonesia | Blogger Pabrik Tas Ransel | 5

0 comments:

Post a Comment