Para Artis Berlatih Silat Beksi

Advertisement
Kaum selebritas tak melulu identik dengan manja dan glamour. Di balik wajah ganteng dan manis, tak sedikit dari mereka yang punya 'simpanan' bela diri. Sebut saja seperti si cantik Tya Ariestya yang memegang sabuk tertinggi bela diri Taekwondo, Olivia Zalianty si atlet Wushu hingga Mike Luccok, yang menguasi jurus silat tradisional Beksi.



Para Artis Berlatih Silat Beksi
Para Artis Berlatih Silat Beksi




1. Mike Luccock (Beksi H. Hasbullah)
Sejak 2012, aktor Mike Luccok diam-diam mendalami ilmu beladiri Beksi yang dikembangkan almarhum pesilat asli Betawi H. Hasbullah. Beladiri ini berada di bawah bendera kolat (padepokan) Merah Delima yang berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan.


"Beksi itu singkatan, dari kata "Bek" yang artinya pertahanan dan "Si" yang bermakna empat. Jadi beksi itu empat pertahanan," kata Mike kepada suara.com ditemui di sebuah lokasi syuting di kawasan TMII, Jakarta Timur baru baru ini.


"Seni beladiri ini (Beksi H. Hasbullah) dikembangkan oleh H. Hasbullah, orang asli Betawi yang kebetulan tinggal di Dadap, Tangerang," lanjut lelaki berdarah campuran Banten-Selandia Baru ini.


"Saat pertama masuk saya diminta membawa pisang raja. Lalu disuruh wudhu dan salat bareng. Setelah itu di urut sebadan dan digebuk sebadan," katanya.


Bela diri Beksi, kata Mike, tak mengenal istilah sabuk hitam atau putih yang menentukan kemampuan seseorang. Sebelum dinyatakan menguasai sebuah jurus, dia harus diuji sang guru besar.
"Level kita ditentukan dengan penguasaan jurus. Dan itu pasti akan dipraktikkan langsung sama guru besar," ucapnya.


Mike bilang, bela diri justru membuatnya makin rendah diri dan membuat kehidupannya semakin sehat dan tenang. Filsafah Beksi H. Hasbullah membuatnya menyadari arti persaudaraan sesungguhnya.


"Kita punya filsafah, jadikan musuh kawan, jadikan kawan saudara," ujar Mike.
Saat ini Mike mengaku sudah menguasai lima tahap jurus dasar; Beksi Dasar, Cauk, Gedig, Beksi 1 dan Beset.


Ditambahkan Mike, seni bela diri ini semakin sempurna jika berjalan beriringan dengan ibadah kepada Yang maha Kuasa. Mike mengibaratkan beladiri dan agama itu sebagai golok dan sarungnya.
"Silat itu golok, agama sarungnya. Agama itu dasar. Kalo punya golok harus punya sarungnya," ucap Mike berfilsafah.


2. Tya Ariestya (Taekwondo)
Jangan tertipu dengan wajah manisnya. Sebab, artis yang satu ini mahir dalam beladiri taekwondo. Tya mengaku mulai tertarik dengan olahraga itu sejak masih berusia 7 tahun.


"Jadi dulu waktu kecil aku hobi naik sepeda. Nah di dekat rumah itu aku banyak perguruan beladiri gitu," katanya.


Tya memilih Taekwondo lantaran ketertarikannya dengan game action Mortal Kombat. Menurutnya, Taekwondo adalah ilmu beladiri yang dipakai para action figur di dalam game tersebut.
"Gerakannya aku suka," ucapnya




Artis Tya Ariestya tunjukkan medali yang pernah diraihnya di cabang beladiri Taekwondo.
Tya semakin serius menggeluti seni bela diri asal Korea itu hingga akhirnya memutuskan menjadi seorang atlet di usia belia. "Aktif-aktifnya itu pas kelas 2 SMA sih," ucapnya.
Sejak menjadi atlet, tak sedikit prestasi yang pernah diukir pemilik nama lengkap Aristya Noormita Azhar itu. Dari semua ajang kejuaraan yang diikutinya, Tya berhasil mengoleksi 8 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu serta dinobatkan sebagai atlet putri terbaik sebanyak dua kali.


"Tapi yang paling membanggakan itu waktu Indonesian Open tahun 2000. Aku dapat medali emas," ujarnya bangga.


Sebagai atlet olahraga keras, Tya pernah alami cedera. Akibat cedera yang pernah dialami, sampai sekarang dia masih sering merasaakan nyeri di bagian engkel.
"Sudah agak sedikit geser soalnya," katanya


Kemampuan beladiri yang dimiliki Tya tak bikin dia sombong. Hanya saja, dia pernah secara tak sadar mengeluarkan satu jurus taekwondo saat dijahili kakak kelasnya di bangku SMA.
"Waktu itu lagi jamannya bullying di SMA. Jadi awalnya kita dikumpulin nih ceritanya sama kakak kelas," katanya.


Mulanya, kata Tya, praktek bullying yang dialami hanya berupa kekerasan verbal. Tiba-tiba tanpa alasan jelas, salah satu kakak kelasnya mencoba melayangkan bogem mentah ke pipinya.


"Terus aku reflek langsung nangkis dan diiringi pukulan. Ya reflek aja waktu itu, hehehe. Akhirnya mereka mundur deh," ujarnya.


3. Olivia Zalianty (Wushu)
Artis berwajah oriental ini memang terbilang akrab dengan dunia olahraga. Salah satu yang digeluti adalah ilmu bela diri Wushu.
Oliv, begitu dia biasa disapa, mulai menggeluti wushu sejak beberapa tahun belakangan ini. Semula, tujuannya hanya ingin memiliki badan proporsional lewat seni beladiri asal Cina itu.


Artis Olivia Zalianty."Habis beraktivitas kayaknya aku mengalami kelelahan banget. Ternyata pengaruh dari berat badan," kata Oliv.


Setahun rutin latihan wushu, Oliv berhasil menurunkan berat badannya. Gerakan wushu ternyata ampuh membakar kalori karena melibatkan pernapasan dan pikiran.


"Pengaruhnya besar sejak aku ikut wushu. Badan rasanya lebih enteng," ujarnya.
Kegigihan Oliv mendalami wushu berbuah hasil. Dia mendapatkan medali perunggu di ajang kejuaraan wushu di Hongkong tahun 2011. Untuk ukuran pemula, pencapaiannya itu cukup memuaskan.


"Persiapan waktu itu emang kurang. Nggak kayak atlet-atlet lain. Baru pertama kali juga," ucap dia.
Dua tahun setelahnya, bintang film Ada Apa Dengan Cinta Ini kembali mengikuti ajang yang sama. Hasilnya lebih memuaskan. Oliv sukses membawa pulang medali emas.
Advertisement
Para Artis Berlatih Silat Beksi | Blogger Pabrik Tas Ransel | 5