Cara Belajar Beladiri Krav Maga Sendiri Otodidak

Advertisement
Cara Belajar Beladiri Krav Maga Sendiri Otodidak
Cara Belajar Beladiri Krav Maga Sendiri Otodidak




Buat pria-pria yang besar di era 80-an pasti pernah mengidolakan Fendy Pradana ketika pamer aksi bela diri sebagai Brama Kumbara dalam film saur sepuh satria madangkara. Praktis sejak bocah kita para laki-laki memang sudah terpapar aksi heroik jagoan macam panji tengkorak, si buta dari gua hantu atau kisah-kisah dari negeri seberang macam tiger wong, chin mi kung fu boy dan sembilan benua di komik tapak sakti.

Kita, para pria yang seperti itu tentu saja selalu memimpikan mampu membela diri ketika ada orang yang hendak berbuat jahat. Syukur-syukur bisa membuat wanita cantik terpana layaknya lasmini tegila-gila kesaktian Brama Kumbara. Menang ketika terpaksa berkelahi pun akhirnya jadi cita-cita.

Masalahnya kenyataan tak selalu berbanding lurus dengan mimpi. Kesibukan di kala mendewasa sungguh tak memungkinkan kita menjadi ahli bela diri. Apalagi buat mereka yang hidup diperkotaan, tentunya agak sulit mendedikasikan waktu untuk belajar ilmu-ilmu sakti mandraguna ini. Siapa pula yang punya waktu bertapa bertahun-tahun di hutan untuk sekedar menguasai ilmu ajian serat jiwa? Tak ada juga yang mau mengabdikan dirinya mengasingkan diri dikuil shaolin untuk menguasai ilmu kung fu. Sulit juga menemukan pria yang cukup tekun belajar Karate dari sabuk putih hingga sabuk hitam. Tapi toh tak usah khawatir.

Di Indonesia, juga sudah bermunculan olah raga bela diri praktis yang telah berevolusi mengikuti zaman. Beragam Ilmu ini tampil lebih sederhana dan mudah digeluti untuk mereka yang punya sedikit waktu. Gerakannya disesuaikan untuk diterapkan pada kondisi modern perkotaan. Tempat latihan pun tak lagi terpencil, suram dan mengerikan macam goa-goa. Beberapa bergabung dengan fitness center berpendingin ruangan. Sementara sisanya bisa ditemui di pusat-pusat kota bersebelahan dengan cafe atau tempat meminum kopi. Apa saja beladiri praktis ini? Krav Maga Ilmu bela diri praktis ini dikembangkan oleh pasukan khusus militer Israel. Karena itu latihan Krav Maga difokuskan pada situasi nyata yang ada didaerah perkotaan seperti di daerah asalnya macam jalan-jalan padat, rumah-rumah, aksi kriminal jalanan hingga terorisme.

Tak ada gerakan-gerakan indah ala jurus-jurus yang sering kita lihat di film silat televisi. Semua gerakan Krav Maga dibuat sesederhana mungkin. Tujuan utamanya adalah melumpuhkan lawan. Pertahanan terbaiknya adalah menyerang. Sedikit berbeda dari kebanyakan pandangan kita akan ilmu bela diri, ajaran pertama

krav maga adalah menghindari konflik. Sebisa mungkin lari menjauh dari masalah. Namun jika konfrontasi tidak bisa dihindari, maka dalam keadaan terpaksa selesaikan dengan cepat. Secara praktis mereka mengajarkan serangan cepat ke daerah mata, leher, persendian. Kombinasi-kombinasi serangan semacam ini dianggap tabu pada bela diri tradisional. Sembari menyerang diajarkan pula untuk selalu awas melihat jalan untuk lari. Jika ada kesempatan, gerakan terbaik krav maga adalah lari.


Advertisement
Cara Belajar Beladiri Krav Maga Sendiri Otodidak | Blogger Pabrik Tas Ransel | 5

0 comments:

Post a Comment