Manfaat Belajar dan Berlatih Beladiri Pencak Silat Indonesia

Advertisement
Manfaat Belajar dan Berlatih Beladiri Pencak Silat Indonesia

Manfaat Belajar dan Berlatih Beladiri Pencak Silat Indonesia


Pencak Silat adalah seni beladiri yang disebut budaya asli leluhur bangsa Indonesia. Sesungguhnya histori perubahan Pencak Silat tidak cuma dari Indonesia saja, tetapi datang dari Nusantara yang dulunya yaitu lokasi nenek moyang orang-orang Melayu. Tetapi bila lihat perubahan Pencak Silat saat ini, yang paling berkembang yaitu Pencak Silat yang datang dari Indonesia. Kenapa sekian? Lantaran, dapat kita saksikan sendiri, sangat banyak perguruan Pencak Silat di Indonesia dengan beragam jenis aliran serta beragam macam khas dari semasing perguruan Pencak Silat tersebut. 

Tidak cuma hingga disitu saja. Bahkan juga, banyak pula perguruan Pencak Silat yang asli Indonesia telah mendunia serta begitu popular diluar negeri seperti Eropa, Afrika, Australia serta Amerika. Kenapa Pencak Silat dari Indonesia demikian menarik orang-orang diluar negeri? Nah, pada kesempatan ini saya akan sedikit memaparkan tentang manfaat yang dapat kalian dapatkanperoleh dengan belajar beladiri, terutama Pencak Silat.  

 Melindungi Kesehatan Raga/Jasmani

Saat ini, Pencak Silat telah digolongkan sebagai cabang berolahraga oleh dunia. Tahu tidak apakah itu “Mensana In Corpore Sano”? Pasti kebanyakan orang sudah mengetahui kalau berolahraga adalah satu diantara langkah untuk melindungi kesehatan badan. Dengan berlatih Pencak Silat dengan cara teratur, jadi bisa di pastikan kesehatan badan dengan cara fisik bisa terbangun. Tiap-tiap lakukan latihan, praktisi Pencak Silat (Orang yang ikuti Perguruan Pencak Silat) atau yang kerap dimaksud dengan Pendekar, mereka lakukan beberapa gerakan dengan memproses sisi badan dengan cara terstruktur. 

Hal semacam ini menyebabkan badan bergerak dengan teratur hingga dapat memperlancar peredaran darah serta membakar kalori yang ada didalam badan serta membuatnya keringat. Begitu keadaan badan bakal tetaplah fresh serta kesehatan fisik dapat terbangun dengan baik. Kekuatan fisik dapat juga bertambah hingga dalam beraktivitas badan juga akan tidak gampang merasa capek serta lelah. Diluar itu dapat juga menolong melindungi bentuk badan, menolong diet, terlepas dari penyakit serta lain sebagainya. Sudah pasti hal semacam ini bila dikerjakan dengan teratur serta teratur.

Dapat melindungi kesehatan jiwa/rohani

Didalam belajar Pencak Silat, kalian bukan sekedar berlatih untuk mengelola fisik terus-terusan. Terkecuali latihan fisik, belajar Pencak Silat juga melatih kalian dalam mengontrol diri serta emosi, mengelola jiwa serta pemikiran, belajar mengenai moral serta pastinya juga belajar bagaimana mendekatkan diri pada tuhan atau sekurang-kurangnya belajar memproses rohani. Terkecuali berlatih dengan cara fisik, Pencak Silat juga melatih beberapa pendekar dengan cara spiritual supaya apa yang telah di ajarkan didalam latihan Pencak Silat tak disalahgunakan.

Tanpa ada karenanya ada latihan spiritual untuk orang yang berlatih, jadi apa yang telah di ajarkan di dalamnya dapat disalahgunakan serta tak dipakai sebagai mana harusnya. Inti belajar Pencak Silat yaitu supaya kalian jadi pendekar yang dapat memproses jasmani serta rohani untuk kebaikan dalam jalinan sesama manusia, makhluk lain, alam serta tuhan, hingga seseorang pendekar yaitu manusia yang dapat membuat keseimbangan dalam kehidupan didunia dengan semua kearifan sebagai manusia, makhluk sosial serta ciptaan-Nya. 

Manfaat Belajar dan Berlatih Beladiri Pencak Silat Indonesia


 Dapat membuat perlindungan serta membela diri waktu dalam kondisi bahaya

Pencak Silat adalah cabang berolahraga yang bergelut dalam bagian seni beladiri. Beberapa pendekar yang berlatih Pencak Silat, pada intinya yaitu melatih diri agar bisa membuat perlindungan sendiri dari ancaman atau serangan penjahat yang menginginkan menyakiti. Latihan yang dikerjakan yaitu belajar memakai sisi badan untuk dapat lakukan elakan, tangkisan serta serangan berbentuk pukulan, sepakan, bantingan atau kuncian. Dengan belajar dengan cara teratur, seorang yang belatih Pencak Silat bisa menyingkirkan masalah atau serangan penjahat yang bisa meneror dianya atau bahkan juga nyawanya. Oleh karena itu, faedah belajar Pencak Silat dapat juga menolong kita untuk melakukan tindakan lebih siaga serta menghadapi bahaya yang dapat berlangsung setiap saat serta dimanapun.

Menolong melindungi serta membuat perlindungan orang lain

Bukan sekedar ada faedah untuk sendiri bila berlatih Pencak Silat. Kalian dapat juga menolong atau membantu orang lain yang tengah dalam bahaya dari aksi kriminil seperti penodongan, perampokan, penjambretan maupun semacamnya. Bila bukanlah orang lain yang merasakannya, mungkin saja kalian dapat melindungi serta membuat perlindungan orang di sekitaran kalian, seperti keluarga, saudara, rekan atau kekasih. Sekurang-kurangnya, bila tak dapat membantu orang lain, kalian dapat membantu sendiri bila ada didalam kondisi bahaya seperti itu. 


 Melatih reflektivitas serta kepekaan diri pada sekitar lingkungan dimana juga berada

Seseorang pendekar Pencak Silat belatih setiap saat dengan cara teratur serta teratur agar badannya bakal punya kebiasaan dengan beberapa gerakan untuk membela serta membuat perlindungan diri. Tetapi, latihan yang dikerjakan secara teratur dapat juga tingkatkan ketahanan fisik untuk beraktivitas keseharian seperti ketika bekerja di kantor atau ditempat lain. Badan juga punya kebiasaan dipakai untuk bekerja dengan cara keras serta penuh semangat. Bermakna latihan yang dihasilkan berguna juga untuk kehidupan keseharian. Tidaklah sampai di situ saja, seseorang pendekar Pencak Silat juga dilatih selalu untuk konsentrasi serta siaga pada kondisi sekitar lingkungan dimana juga ada. Hal semacam ini untuk menjaga-jaga bila berlangsung suatu hal yang membahayakan jiwa serta sendiri serta dituntut untuk sigap serta siap bila hal yang jelek betul-betul berlangsung. Latihan Pencak Silat seperti ini bikin kalian yang berlatih Pencak Silat bakal mempunyai kepekaan pada sekitar lingkungan dimana juga ada.

Tingkatkan rasa yakin diri serta meningkatkan perorangan skill yang dipunyai

Latihan Pencak Silat yang dikerjakan dengan cara teratur serta teratur bakal membuahkan banyak faedah untuk diri kalian. Faedah yang diperoleh dari berlatih Pencak Silat bakal bikin kalian terasa lebih yakin diri lantaran mempunyai satu kekuatan yang lebih dari pada orang lain. Bukan sekedar fisik saja, pola fikir yang lebih positif juga menghindari kalian dari rasa kurang percaya diri. Diluar itu, usaha yang kalian kerjakan dengan selalu berlatih Pencak Silat bisa meningkatkan kekuatan yang kalian punyai terlebih dulu. Umpamanya, bila kalian mempunyai bakat menyanyi serta menari, berlatih Pencak Silat juga beresiko pada ketahanan fisik serta pernapasan yang tambah baik dari mulanya. Tetapi, masihlah banyak pula faedah berlatih Pencak Silat untuk bakat yang kalian punyai terlebih dulu. Dari belajar serta berlatih Pencak Silat, kalian dapat juga berprestasi serta memperoleh penghargaan dari bakat yang telah kalian kembangkan. Hal semacam ini bakal bikin kalian makin yakin diri serta senantiasa bersukur dengan apa yang telah kalian peroleh. 

 Berperan serta dalam melestarikan serta meningkatkan budaya bangsa Indonesia

Pencak Silat adalah budaya asli nenek moyang bangsa Indonesia yang masihlah terbangun sampai sekarang ini. Dengan berhimpun didalam satu perguruan serta berlatih Pencak Silat, jadi kalian juga ikut berperan serta dalam melindungi budaya bangsa sendiri serta melestarikan apa yang telah di buat oleh nenek moyang kita dulu. Walaupun juga Pencak Silat yaitu budaya asli bangsa Indonesia, tetapi orang-orang luar Indonesia juga tak sangsi untuk belajar serta berlatih Pencak Silat. Hal semacam ini adalah keistimewan yang dipunyai oleh Pencak Silat yang membanggakan bangsa Indonesia. Bila orang asing ingin belajar serta berlatih, kenapa kita sebagai generasi bangsa Indonesia tak belajar serta berlatih juga? Dengan belajar serta berlatih Pencak Silat, jadi kita juga ikut meningkatkan potensi yang dipunyai oleh Indonesia yang sesungguhnya tak kalah bagusnya dengan bangsa lain.

Memperoleh pengalaman mengenai Kepemimpinan (Leadership) serta memberi jaringan pertemanan (Public Relations)

Bila kalian berhimpun dengan Perguruan Pencak Silat serta telah jadi pendekar yang termasuk senior lantaran sudah lama berlatih serta jadi lebih pakar, kalian akan belajar bagaimana mengajari serta memimpin rekan-rekan atau orang lain sebagai junior. Hal semacam ini adalah pengalaman yang baik untuk belajar tentang kepemimpinan (Leadership). Belajar jadi seseorang pemimpin serta mengontrol beberapa kumpulan orang itu begitu dibutuhkan, baik dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan. Nah, disini juga adalah tempat untuk pelajari hal semacam itu serta memperoleh pengalaman yang bermakna. Terkecuali memperoleh pengalaman jadi pemimpin, pastinya jumlah pertemanan yang telah kalian jalin sepanjang ini dapat semakin tambah banyak karenanya ada rekan-rekan baru didalam satu Perguruan Pencak Silat. Hal semacam ini memberi lingkaran pergaulan kalian jadi makin luas serta berguna untuk kehidupan di masa datang.
Advertisement
Manfaat Belajar dan Berlatih Beladiri Pencak Silat Indonesia | Sh Terate PSHT | 5

0 comments:

Post a Comment