8 UNSUR PENTING TERDAPAT DALAM PENCAK SILAT

Advertisement
8 UNSUR PENTING TERDAPAT DALAM PENCAK SILAT

8 UNSUR PENTING TERDAPAT DALAM PENCAK SILAT


 Seni Pencak – Apa sih unsur-unsur yang terdapat dalam pencak silat? Pencak silat yaitu satu diantara warisan budaya bangsa Indonesia yang mempunyai nilai seni tinggi. Terkecuali sebagai pengetahuan beladiri pencak silat juga memiliki banyak unsur-unsur yang terdapat didalamnya. Unsur-unsur dalam pencak silat juga di perhatikan serta memiliki faedah yang mengagumkan.

Unsur- unsur dalam pencak silat dapat mencakup seni, gerakan, olahrga, kerohanian dan lain-lain. Karenanya mari kita bahas dengan cara detil mengenai unsur unsur yang terdapat dalam pencak silat. Saksikan berikut ini :

UNSUR-UNSUR YANG TERKANDUNG DALAM PENCAK SILAT

1. Kesehatan serta Olahraga

Pencak silat mempunyai beberapa gerakan yang bisa bikin anda jadi lebih sehat. Diluar itu pencak silat sebagai fasilitas berolahraga serta pencapaian prestasi.

2. Membela Diri

Sebagai manusia kita harus untuk membela diri dari tindak kejahatan. Jika kita dalam kondisi terjepit dengan kuasai pencak silat ototmatis kita melawan serangan orang jahat.

3. Nilai Seni

Pencak silat mempunyai gerakan = gerakan yang begitu indah. Tiap-tiap gerakan pencak silat akalu anda cermati dengan benar tentu memiliki nilai seni yang tinggi. Tiap-tiap gerakan pencak silat tentu ada nilai serta  maknanya.

4. Kaedah/Kaidah

Tanpa ada mengerti aturan dalam pencak silat dengan sungguh-sungguh jadi gerakan anda pastinya akan tersa hampa tanpa ada bobot.

5. Nilai kehidupan

Dalam tiap-tiap gerakan pencak silat ada arti serta makna mengenai kehidupan. Diluar itu pencak silat juga mengajarkan bagaimanakah tatacara hidup antar sesama manusia serta membuat kedamaian. Diluar itu pencak silat juga mengajrkan pengetahuan kerohanian supaya batin serta jiwa kita jadi tenang.

6. Filosofi

Bnyak bahasan mengenai filosofi pencak silat, kita bisa mengaitkan filosofi dalam tiap-tiap sikap serta tata gerak dalam pencak silat.

7. Unsur Iram (Musik)

Unsur berikut yang membedakan segi seni dengan segi yang lain dalam pencak silat. Jika gerakan pencak silat diiringi degan musik yang spesial jadi gerakannya jadi begitu seni serta indah.

8. Unsur Gerakan

Dalam pencak terdapat banyak gerakan seperti tangkisan, pukulan, kuda-kuda, ataupun bantingan serta jurus. Kalu semuanya dipadukan jadi bakal menciptkan gerakan yang begitu dahsyat. Gerakan pencak silat adalah gerakan yang diconto dari alam serta menyatu dengan alam.
Advertisement
8 UNSUR PENTING TERDAPAT DALAM PENCAK SILAT | Sh Terate PSHT | 5

0 comments:

Post a Comment