23 ALIRAN PENCAK SILAT TERKENAL di INDONESIA

Advertisement
23 ALIRAN PENCAK SILAT TERKENAL di INDONESIA

23 ALIRAN PENCAK SILAT TERKENAL di INDONESIA


Seni Pencak – Pencak silat yaitu satu diantara warisan budaya Indonesia, terkecuali sebagai pelindung diri pencak silat juga memiliki gerakan seni yang bernilai tinggi dalam kehidupan manusia. Semuanya aliran pencak silat di Indonesia bernaung dalam satu organisasi yang diberi nama IPSI.

Dari beragam daerah memiliki aliran perguruan silat sendiri serta memiliki ciri khas semasing. Di Indonesia sangat banyak aliran-aliran perguruan silat yang populer serta banyak membuat atlet-atlet berprestasi dalam kejuaraan silat. Apa sajakah aliran silat yang populer di Indonesia? Mari kita bahas berbarengan :

ALIRAN PERGURUAN PENCAK SILAT di INDONESIA

1. Psht/Sh Terate

Satu diantara perguruan silat yang didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo di Pilangbango pada th. 1922. Yang mengajarkan mengenai kesetiaan pada hati sanubari sendiri yang bersandarkan pada Tuhan Yang Maha Esa. Aliran pencat silat ini memprioritaskan persaudaraan serta berupa organisasi.

2. Silat Cimande

Satu diantara pencak silat tertua di Indonesia yang gerakannya banyak diadopsi oleh beragam perguruan silat di Indonesia

3. Pencak Silat Pagar Nusa


Perguruan silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang menyimpan beragam perguruan serta aliran pencak silat dikalangan Nahdliyin.

4. Pencak Silat Putra Kera Sakti

Satu diantara perguruan silat yang didirikan oleh R. Totong Kiemdarto di kota Madiun pada th. 1980. Pencak silat dengan aliran tenaga dalam serta kombinasi silat di nusantara serta kuntao monyet.

5. Pencak silat Persinas asad

Perguruan silat yang religius yang banyak cetak pesilat International. Telah banyak atlet-atlet Persinas Asad yang ikuti World Art Championship.

6. Silat Kijang Berantai

Pergurun silat yang didirikan oleh Hj. Djuhardi dari kampung Dagang. Kabupaten Sambas

7. Pencak Silat Pamur

Perguruan silat yang didirikan oleh Raden Hasan Habudin pada tanggal 31 DESEMBER 1951 Di Pamekasan Madura. Perguruan ini memercayakan rasio sebagai unsur intinya.

8. Pencak Silat Perisai Diri

tehnik silat Indonesia yang di ciptakan oleh Dirdjo (memperoleh penghargaan pemerintah sebagai Pendekar Purna Paling utama) yang pernah pelajari kian lebih 150 aliran silat nusantara serta pelajari aliran Kung Fu Shaolin sepanjang 13 th.. Tehnik praktis serta efisien berdasarkan pada elakan yang susah di tangkap serta serangan perlawanan kemampuan maksimum. Sekarang ini adalah silat yang paling di kenal serta banyak anggotanya di Australia, Eropa, Jepang, serta Amerika Serikat.

9. Silat Riksa Budi Kiwari

perguruan ini didirikan oleh Ujang Jayadiman pada th. 1982 di Bandung. Walau umur perguruan ini termasuk masihlah muda, tetapi sudah cetak banyak atlet-atlet berprestasi baik di tingkat nasional ataupun internasional.

10. Silat Tunggal Hati Seminari-Tunggal Hati Maria

Organisasi pencak silat memiliki nuansa Katolik yang didirikan oleh 7 dewan pendiri, salah satunya Romo Hadi, Pr. serta Romo Sandharma Akbar, Pr.  

 11. Pencak Silat Siwah

Aliran silat asli yang datang dari daerah Aceh yang menggabungkan empat aliran asli Aceh, yakni dari Peureulak, Aceh Besar (Keudee Bing - Lhok Nga), Pasee, serta Pidie.

12. Porsigal (Pendidikan Olah Raga Silat Indah Garuda Loncat)

Organisasi ini didirikan oleh Atimiyanto, S. H. di kabupaten Blitar pada tanggal 2 Maret 1978 sebagai pengembangan dari silat Sentono warisan Heyang Ageng Raden Tumenggung Hasan Witono.

13. Silat Merpati Putih

Perguruan pencak silat bela diri tangan kosong (PPS Betako).

14. Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah


0rganisasi pencak silat sebagai wadah pendekar-pendekar yang ada di lingkungan Muhammadiyah.

15. Silat Zulfikari

Ajaran bela diri dari Qadiri Rifai Tariqa.

16. Silat Gerana (Gerak Raga Buana)


Datang dari Bandung yang didirikan oleh 3 orang pendiri, yaitu Ujang Tohari, Yuliandi P., serta Oga N. I. Pencak silat yang merujuk pada gerak seni dan aturan pencak silat dengan kombinasi pernafasan murni yang di proses dari pada badan manusia lewat sistem rileksasi serta konsentrasi.

17. Pencak Silat Sharaf (Silat Mubai)

Aliran silat moderen yang betul-betul agresif yang enekankan pengajaran pada pertarungan tangan kosong, pisau, bagaimana caranya menangani senjata api, serta gulat.

18. Silat Hikmatul Iman Indonesia

Perguruan bela diri yang didirikan oleh Dicky Zainal Arifin. Ini adalah aliran silat sendiri tanpa ada dampak dari aliran manapun.

19. Silat Elang Putih

Perguruan bela diri yang bertempat di Bogor). Ini adalah aliran silat yang terbagi dalam paduan pencak silat aliran di Jawa Barat.

20 Pusaka Sakti Mataram Lakutama PPS Inti Ombak

Perguruan pencak silat yang berdasar pada seni bela diri Kesultanan Mataram serta bercampur dengan aliran Madura yang berkembang dengan maksud pelestarian budaya bangsa.

21. Pencak Silat Pertempuran

Aliran silat yang terbagi dalam paduan sebagian aliran, terlebih Pencak Silat Pamur serta Silat Sterlak. Dampak silat Indo-Melayu yang lain termasuk juga Seni Bela Diri Silat Jati Wisesa serta Raja Monyet Silat.

22. Pencak Silat Tri Bela

Paduan dari tiga aliran Pencak Silat, IPSI, serta dua aliran tradisional. Tri Bela yaitu perguruan pencak silat berolahraga serta kesehatan yang disebut satu unit aktivitas di IKIP Padang (Fakultas Pendidikan Berolahraga).

23. Pencak Silat Maung Lugay

Perguruaan yang datang dari Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara yang bercabang di Cikarang Utara, Bekasi. Perguruan Maung Lugay didirikan oleh Usman Wijaya serta Ashari.
Advertisement
23 ALIRAN PENCAK SILAT TERKENAL di INDONESIA | Sh Terate PSHT | 5

0 comments:

Post a Comment