Sepak Terjang Silat Harimau Putih

Advertisement
Beladiri Indonesia Harimau Putih,Dulunya bernama KARATEDO Indonesia Harimau Putih, Lahir dikota santri Kaliwungu, kabupaten kendal, jawa tengah, pada tahun 1987, oleh beliau KH.Istihar, Bin, KH. Mashadi, Bin, KH.Ma’arif Bin, KH.Dahlan sarean.
Awal mulanya dulu beliau KH.Istihar yang pada sa’at mudanya waktu itu memegang sabuk hitam DAN I KARATEDO, dan menjadi guru di madrasah MAI didesak oleh para santri dan murid2 madrasah terdekatnya, untuk melatih mereka beladiri , maka sejak itulah abah KH.Istihar mendirikan perguruan beladiri yang bernama KARATEDO Indonesia Harimau Putih dilingkungan sekitar kota santri kaliwungu.


sepak terjang silat harimau putih
sepak terjang silat harimau putih

Dalam perkembanganya banyak santri dan masyarakat yang ikut bergabung dan berlatih beladiri ini, sempat mencapai masa ke’emasanya, sampai memiliki anggota sebanyak 1500 orang lebih yang tersebar diberbagai penjuru kota kaliwungu, namun kala itu didominasi oleh para santri, khususnya santri dikota kaliwungu,
Dikarenakan tidak terbentuknya organisasi , maka setelah tahun demi tahun , tak ada regenerasi kepengrusan dikota kaliwungu, akhirnya seperti lenyap ditelan bumi,dan dikarenakan banyaknya anggota yang berstatus sbagai seorang santri, meskipun tidak terorganisir dengan baik,ketika akhirnya para santri yang dulu pernah ikut belajar beladiri pulang kampung, maka kebanyakan dari mereka mendirikan KARATEDO Indonesia Harimau Putih didaerahnya masing2.
Mulai sa’at itulah KARATEDO Indonesia Harimau Putih meskipun dikota kaliwungu sudah seperti ditelan bumi, namun, tanpa disadari dalam kurun waktu yang begitu lumayan,akhirnya banyak sekali daerah2 diluar kota kaliwungu yang sekarang masih ada, bahkan berkembang pesat yang masih memperjuangkan bendera KARATEDO Indonesia Harimau Putih,adapun daerah2 tsb spt: sumatra, kalimantan dan irian jaya.

Untuk mengulang kesuksesan yang pernah menjadi salah satu sejarah dikota kaliwungu, dan atas saran dan desakan dari para sahabat, dan bantuan dari saudara dekat, maka (maz tommy ), berupaya untuk menghidupkan kembali perguruan yang telah lama dilupakan ditempat kelahiranya itu.
Karna  banyaknya perkembangan beladiri dizaman modren ini, dan dengan landasan semangat perjuangan dakwah islam, dengan berazazkan menjaga budaya asli indonesia, berkeinginan dan berupaya untuk menghidupkan kembali perguruan beladiri KARATEDO Indonesia Harimau Putih dengan mengakulturasikannya dengan banyak aliran beladiri lainya spt taekwondo, judo, aikido, sambo, karate dan yang terakhir adalah pencak silat.

Oleh karna itu, mulai pada awal babak baru ini,kata KARATEDO dileburkan menjadi BELADIRI INDONESIA HARIMAU PUTIH, yang artinya bersifat umum karan menggabungkan tehnik beladiri dari berbagai aliran macam beladiri, namun karna untuk menjaga budaya asli negara kita , maka pencak silat dipadukan dan dijadikan garis besar yang diajarkan, maka tidak heran apabila kita banyak menemukan keaneka ragaman tehnik beladiri di Beladiri Indonesia Harimau Putih masa kini.
Dan telah diresmikan pada th 2012 ini perguruan KARATEDO Indonesia Harimau Putih telah berganti nama menjadi Beladiri Indonesia Harimau Putih, dan telah berupaya untuk terus hidup dan berkembang sampai dimasa yang akan datang...


Dikukuhkan Kembali pada tanggal 8 Desember 2013 oleh pengurus IPSI Kabupaten Kendal  bersama wakil bupati kendal dan para alim ulama sekota kaliwungu, menjadi aliran baru dalam Pencak Silat dan berganti nama menjadi Lembaga Beladiri Indonesia Harimau “Putih” Dengan : SK IPSI Nomor : SKEP – 020/PENGKAB – IPSI – KENDAL/ XI 2013
Advertisement
Sepak Terjang Silat Harimau Putih | Blogger Pabrik Tas Ransel | 5