Silat Psht Mempunyai Anggota Terbanyak di Indonesia

Advertisement
Silat Psht Mempunyai Anggota Terbanyak di Indonesia
Silat Psht Mempunyai Anggota Terbanyak di Indonesia



Pencak silat merupakan seni bela diri yang berasal dari Indonesia. Tidak seperti seni bela diri dari negara lain, pencak silat memiliki keunikan karena mempelajari 4 aspek sekaligus yaitu aspek mental spiritual, aspek seni budaya, aspek bela diri, dan aspek olahraga. Selain itu, pencak silat juga termasuk salah satu dari 10 beladiri yang paling mematikan di dunia. Indonesia memiliki begitu banyak aliran pencak silat dan yang tertua adalah aliran Silek Harimau Minangkabau. Aliran pencak silat yang lain diantaranya adalah Perisai Diri, Merpati Putih, Cimande, persinas ASAD, dan salah satu yang paling besar adalah Persaudaraan Setia Hati Terate atau yang biasa disingkat dengan PSHT.

PSHT didirikan pada tahun 1922 oleh Ki Hajar Harjo Utomo di desa Pilangbango, kecamatan Kartoharjo, Madiun. Tujuan PSHT ini salahsatunya untuk mendidik manusia berbudi luhur, tahu benar dan salah, yang bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan ikut memayu hayuning bawana. Pada saat ini terdapat sekitar 8 juta anggota PSHT yang tersebar di beberapa negara yaitu Malaysia, Timor Leste, Hongkong, Korea, Jepang, Rusia, Belanda, Belgia, Perancis, dan tentu saja Indonesia.  Di Indonesia sendiri, PSHT tersebar di lebih dari 200 kota/kabupaten.

Perguruan yang menjunjung tinggi persaudaraan diantara para anggotanya ini memiliki filsafah “Manusia dapat dihancurkan, manusia dapat dimatikan akan tetapi manusia tidak dapat dikalahkan selama manusia itu setia pada hatinya atau ber-SH pada dirinya sendiri”. Makna persaudaraan tersebuat tergambar dalam lambang PSHT, yaitu pada kata “PersaudaraaN” di mana huruf P dan N nya dibuat lebih tinggi dengan maksud bahwa persaudaraan itu harus dijaga. Makna lain dari lambang PSHT adalah segi empat yang melambangkan perisai. Hal ini berarti bahwa para anggota SH Terate harus dapat membentengi diri sendiri dari berbagai ancaman jasmani dan rohani. Warna hitam melambangkan bahwa SH Terate itu kekal dan abadi sesuai semboyannya yaitu selama matahari bersinar, selama bumi masih dihuni oleh manusia, semoga Setia Hati tetap jaya, kekal dan abadi selama-lamanya.

Selain itu, lambang PSHT yang lain juga memiliki makna yang sangat dalam. Diantaranya, setia hati yang melambangkan bahwa manusia harus setia pada hati nuraninya sendiri. Hati bersinar melambangkan bahwa manusia harus memberikan kasih sayang pada orang lain. Hati yang putih berarti bahwa manusia harus memiliki ketulusan. Namun, sebagaimana hati tersebut dibatasi oleh warna merah, kasih sayang manusia juga harus memiliki batasan karena kasih sayang yang tidak ada batasnya justru akan menghancurkan seseorang. Bunga teratai sendiri dipilih sebagai lambang PSHT karena bunga tersebuat dapat hidup dan tumbuh dengan indah di segala jenis air sebagai  tanda bahwa PSHT harus dapat hidup dimanapun, dalam lingkungan apapun dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan.

Tingkatan siswa di PSHT terbagi kepada 5 tingkat yaitu siswa polos, siswa jambon (merah muda), siswa hijau, siswa putih dan warga untuk anggota yang telah disyahkan. Sedangkan untuk warganya sendiri terbagi kepada 3 tingkatan yaitu gelar pertama (tingkat satu), gelar kedua (tingkat dua), dan gelar ketiga (tingkat tiga). Semakin tinggi gelarnya maka semakin tinggi tingkatan ilmunya. Di Indonesia terdapat 300.000 pemegang gelar pertama, 160 pemegang gelar kedua, sedangkan pemegang gelar ketiga hanya satu orang yaitu mas Tarmadji Boedi Harsono karena Mas yang lain sudah pergi mendahului.

Persaudaan Setia Hati Terate sebagai perguruan pencak silat telah diakui keunggulannya dari perguruan pencak silat yang lain. Hal itu disampaikan oleh IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) berkat berbagai prestasi yang diraihnya. Diantaranya SH Terate meraih kemenangan dari semua kelas yang dipertandingkan (total 8 kelas) dalam KONI Cup Natuna ditahun 2011. Sedangkan juara kedua diraih oleh HIMSI dan yang ketiga oleh perguruan silat Siliwangi kombinasi. Selain itu PSHT juga berjaya di POMASEAN XVII Malaysia. Dengan pesilat bernama Ahmad Fadillah, Wahyu Prabowo dan Kurniati Rahayuni yang berhasil meraih mendali untuk Indonesia. Serta masih banyak lagi prestasi lainnya.

Dengan jumlah anggota yang begitu banyak dan prestasi yang luar biasa, Persaudaraan Setia Hati Terate dapat dikatakan sebagai salah satu perguruan silat yang terbaik di Indonesia dan Dunia. Kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan bela diri asal Indonesia ini dan ikut melestarikannya. Jangan sampai pencak silat yang merupakan warisan budaya Indonesia malah lebih berkembang di negara lain dibanding negara kita sendir
Advertisement
Silat Psht Mempunyai Anggota Terbanyak di Indonesia | Blogger Pabrik Tas Ransel | 5